Hey, Gimana Ya Cara Memilih Klub Kebugaran yang Tepat?

 Sudah menjelang akhir tahun, selain merancang liburan yang asyik, kita biasanya sibuk menyusun Resolusi. Di awal tahun, resolusi yang kerap muncul adalah: Rajin berolahraga agar tubuh fit dan sehat. Berat badan turun dan menjadi langsing adalah bonusnya. Nah, kita bisa mulai menyeleksi gym atau fitness yang paling cocok untuk kita

Pilihan gym yang tepat akan membantu kita mencapai tujuan kebugaran yang Anda inginkan. Apa saja yang perlu diperhatikan?



 

TIPE LATIHAN

Tanyakan pada diri sendiri, tipe latihan seperti apa yang Anda sukai, dan tujuan kebugaran apa yang ingin Anda capai? Anda suka yoga? Atau lebih cocok berlatih kardio di atas treadmill? Atau, Anda merasa dengan berlatih di kelas aerobik, motivasi untuk bugar jadi lebih tergugah?

Apa tujuan kebugaran Anda? Ketahanan kardio? Membangun otot, meningkatkan kelenturan? Dengan mengetahui aktivitas latihan yang Anda sukai, kemungkinan besar keanggotaan Anda di klub kebugaran tersebut lebih bermanfaat optimal.

Bila Anda menganggap keragaman latihan adalah hal yang penting agar tidak dihinggapi kebosanan, maka Anda buuh klub yang punya alat dan kelas aerobik beragam. Namun, bila Anda tipe praktis yang hanya perlu 30-40 menit setiap kali latihan,pilihlah klub dengan peralatan standar. Dengan demikian, Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk fasilitas yang tidak Anda gunakan.


LOKASI

Lokasi yang tepat (dalam hal ini bisa berarti dekat) akan berbanding lurus dengan intensitas Anda mengunjungi gym. Salah satu alasan yang membuat orang enggan berlatih di gym adalah kurangnya waktu. Bila lokasinya tidak jauh dari tempat Anda tinggal atau kantor, datang ke gym secara teratur bukan hal yang terlampau sulit.

Pertimbangkan jam, kondisi lalu lintas, dan kebiasaan kerja Anda sebelum memilih bergabung dengan pusat kebugaran di dekat kantor, atau dekat rumah, atau yang lokasinya di tengah perjalanan pulang dan pergi.


ANGGARAN

Kebugaran bukan hal yang murah. Untuk kenyamanan ekstra, Anda harus menyiapkan anggaran lebih. Harga yang diajukan adalah konsekuensi dari penawaran klub tersebut. Lihat fasilitasnya, apakah Anda membutuhkan atau akan menggunakannya?

Jika Anda tak menikmati berpanas-panas di ruang sauna, mengapa memilih gym dengan fasilitas tersebut?

Jika Anda telah berkeluarga, tanyakan ada tidaknya tipe keanggotaan keluarga, karena biasanya ada penawaran yang lebih menarik.

Kini kian banyak pilihan klub kebugaran, dengan rentang harga yang sangat beragam. Belum lagi, ada banyak tipe keanggotaan dan sistem pembayaran yang bisa Anda pilih. Kebanyakan klub kebugaran menawarkan kontrak berdasarkan periode waktu, setiap bulan, sekali setahun, atau setiap tiga bulan. Pilih yang sesuai dengan anggaran Anda.

Jika Anda berpikir harga yang diberikan terlalu mahal, coba tanyakan harga promosi, terlebih jika Anda mengajak teman untuk bergabung. Beberapa klub kebugaran memiliki kebijakan ini.

Anggaran ini juga termasuk alokasi dana untuk membeli baju dan sepatu olahraga ya. Biar nggak ribet, ayo belanja online saja.  


JAM LATIHAN

Tanyakan jam operasional klub tersebut dan ketahui jam sibuknya. Anda harus memastikan gym tersebut tetap buka, pada saat Anda ingin berlatih.

Menikmati latihan di gym yang Anda pilih, pening artinya untuk mengurangi menurunnya motivasi berlatih.

Jika Anda telah menemukan klub kebugaran yang sesuai, kebugaran tubuh yang ingin Anda capai bisa segera terwujud. Tentu saja, bertambahnya teman menjadi manfaat yang juga bisa menguntungkan kondisi kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan. (*)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersyukur

Aturan Sosial

Berdaya dan Berkarya Bareng Komunitas IIDN